Saturday, November 14, 2015

I used to be so motivated by such compliments

Waktu SMP kelas 2, gue punya hobi yang bisa dibilang... sedikit unik. Padahal awalnya hobi itu cuma iseng-iseng aja buat pamer ke temen-temen kalo sebenernya gue punya passion sama sesuatu dan nunjukkin ke mereka kalo gue punya mimpi.

Hm, seperti yang beberapa orang tau, gue pernah punya mimpi menjadi seorang penulis. Dengan hobi sejenis bikin puisi tentang kesengsaraan, sisi gelap dan emosi manusia serta hobi ngelist judul cerita yang skenarionya selalu gue khayalin sebelum tidur. Gue punya lebih dari 50 judul dan seperempatnya pernah gue tulis dibuku atau diketik di komputer berupa sinopsis, supaya gue nggak lupa inti ceritanya.

Lama kelamaan puisi yang gue karang makin bikin gue putus asa, karena gue nggak berani nunjukkin puisi itu ke siapa-siapa dan nggak pernah dapet feedback karena gue tau mereka nggak akan ngerti sama apa yang puisi gue ungkapkan. Akhirnya gue semakin fokus sama bikin cerita yang sepanjang novel kisahnya.

Tapi karena gue selalu punya ide yang baru dalam jangka waktu tertentu, akhirnya gue nggak pernah menyelesaikan satu pun cerita. Eh tapi judul-judul dan files berupa list karakternya sampe sekarang masih gue simpen sih, mungkin suatu saat bakal gue lanjutin.

Oh ya, back to the story, jadi intinya karena gue nggak pernah menyelesaikan satu pun novel, gue pun nyoba bikin fan fiction (cerpen) buat ngetes kemampuan gue terus ngepublish fanfic itu ke sebuah site fanfic terkenal. Dan setelah beberapa bulan, cerita gue dipublish sama site itu.

Responnya heboh, karena gue pendatang baru dan mereka tertarik sama alur ceritanya. Maka dari comments itu akhirnya gue termotivasi untuk bikin lagi cerita sequel sebanyak 6 part dengan judul baru. Jangka waktunya lumayan lama dari part 1 ke 6, karena posisinya gue udah di boarding school waktu itu. Tapi setelah liat comments yang mengharukan akhirnya gue semakin yakin kalo gue pengen serius bikin cerita.

Meskipun yah anehnya setiap cerita yang gue bikin selalu penuh misteri, tapi minimal pada positiflah komentarnya^^


Top 4 comments

Oh iya, btw itu gue ngepublish ceritanya secara rahasia, cuma satu orang temen gue aja yang tau waktu itu hehe ;p

Bukannya apa-apa sih gue ngepost ini, gue cuma kangen masa-masa itu aja dimana gue punya banyak waktu luang buat mengekspresikan diri kapanpun gue mau. Andaikan tugas gue tidak menghambat passion gue yang dulu itu pasti sekarang gue bakal nyelesaiin at least satu buku. Fuh.

No comments:

Post a Comment